10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh Tahun 2021 Sejauh Ini

Aplikasi Paling Banyak Diunduh –  Tanpa konteks, aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2021 sejauh ini mungkin terlihat sedikit mengejutkan. 2020 tentu saja melihat bagian yang adil dari bola kurva. Hampir setiap industri dan sektor dipengaruhi oleh peristiwa tahun ini, termasuk unduhan aplikasi dan ini tentu saja telah terbawa hingga tahun 2021.

The  COVID-19 pandemi  memiliki dampak besar pada aplikasi yang paling populer tahun ini. Namun, pemasaran belum berhenti, dan jika Anda ingin melanjutkan  kampanye pemasaran seluler , penting untuk memahami aplikasi mana yang mendominasi pasar. Untuk mengoptimalkan kampanye, penting untuk mengetahui apa perilaku online audiens target Anda dan saluran apa yang terbaik untuk terhubung dengan mereka.

Mari kita lihat aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2021 di Apple App Store dan Google Play Store. Perlu diingat bahwa aplikasi tertentu yang berkembang pesat (seperti Clubhouse) tidak ada dalam daftar ini karena hanya untuk pengguna iPhone dan karenanya tidak diunduh secara luas.

10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh Tahun 2021

1. TikTok

Tidak mengherankan bahwa  TikTok  adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2021. Pada April tahun lalu, aplikasi tersebut telah mengumpulkan lebih dari  2 miliar unduhan secara keseluruhan  secara global. Awalnya aplikasi ini dilihat sebagai ruang Gen Z saja, tetapi telah mengalami masuknya pengguna baru karena tindakan penguncian di seluruh dunia. 

Karena semakin banyak pengguna yang terjebak di rumah dan di ponsel mereka, mereka mencari cara baru untuk menghibur diri mereka sendiri. Pengguna media sosial sudah tertarik dengan video, dan ketika Anda menggabungkannya dengan algoritme cerdas TikTok, Anda membuat aplikasi yang hampir tak tertahankan bagi pengguna. 

Statistik ini adalah berita bagus bagi pemasar karena   peluang pemasaran TikTok berkembang, mulai dari membuat konten organik hingga Iklan TikTok berbayar  . 

2. Facebook

Sebagai aplikasi nomor satu di seluruh dunia, tidak mengherankan jika Facebook adalah salah satu aplikasi paling populer di tahun 2021. Facebook sangat berguna selama masa ini ketika orang ingin terhubung dan tetap terhubung. 

Facebook secara konsisten berada di 10 Aplikasi teratas di Apple App Store dan Google Play Store. Menurut  Statista , ini adalah penerbit aplikasi paling populer di seluruh dunia, berdasarkan unduhan. Keluarga Facebook termasuk Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Facebook Messenger. Periklanan  dan pemasaran Facebook adalah dua kegiatan yang sangat penting bagi pemasar.

3. Instagram

Melengkapi keluarga Facebook adalah Instagram. Aplikasi berbagi foto dan video ini adalah salah satu aplikasi paling populer di kalangan  Gen Z dan Milenial . Meskipun aplikasi ini suka merahasiakan statistiknya, wajar untuk berasumsi bahwa karena popularitas dan statusnya yang tidak berubah di toko aplikasi, itu pasti mempertahankan popularitasnya pada tahun 2021.

Instagram sangat berguna dalam hal pemasaran. Menurut  Statista , merek mengunggah rata-rata 0,7 posting ke platform sosial setiap hari pada tahun 2018. Antara  IGTV , Instagram Lives, dan  Instagram Stories , aplikasi ini memberikan banyak peluang bagi pemasar untuk terlibat dengan audiens mereka. 

Pada musim panas 2020, Instagram mengumumkan fitur terbaru mereka,  Reels , yang bersaing langsung dengan TikTok. Akan menarik untuk melihat bagaimana fitur ini berkembang dari waktu ke waktu dan memengaruhi unduhan. 

4. WhatsApp

Berbicara tentang tetap berhubungan, sebagian besar aplikasi media sosial juga mengalami unduhan lanjutan pada tahun 2021. WhatsApp memiliki sekitar  2 miliar  pengguna di seluruh dunia. 

Meskipun WhatsApp mungkin tidak sepopuler di Amerika Serikat, ini adalah aplikasi perpesanan terkemuka di seluruh dunia. Ini memberikan peluang bagi bisnis untuk tetap berhubungan dengan klien dan pelanggan mereka melalui pesan yang dipersonalisasi, penawaran khusus, dan banyak lagi. Ada banyak peluang pemasaran menarik dengan WhatsApp karena  pemasaran WhatsApp  terus berkembang. 

5. Telegram

Aplikasi perpesanan populer lainnya adalah Telegram, aplikasi gratis dengan sekitar  500 juta pengguna aktif bulanan  , yang dapat digunakan untuk mengirim foto, video, dan berbagai jenis dokumen selain pesan biasa.

Telegram mendukung sebutan, tagar, dan memiliki ketersediaan lintas platform, membuatnya nyaman untuk bisnis dan organisasi besar. Itu juga memungkinkan untuk membuat grup hingga 200.000 dan untuk membuat saluran pribadi dan publik, yang dapat Anda undang pelanggan Anda untuk bergabung. Ini memberikan  berbagai peluang pemasaran  karena Anda dapat berbagi gambar dan informasi tentang produk atau layanan baru, menyediakan tautan ke halaman arahan, membuat chatbot untuk menjawab pertanyaan pelanggan, dll.

6. Moj

Sejumlah aplikasi Cina, seperti TikTok dilarang di India sehingga yang lain telah dibuat untuk mengisi kekosongan. Moj adalah contoh yang bagus. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek hingga 15 detik dan menambahkan berbagai efek untuk mempersonalisasikannya. Antarmuka pengguna yang sederhana memudahkan orang untuk berinteraksi melalui komentar, suka, berbagi, dan sebagainya.

Aplikasi ini relatif baru, memulai debutnya pada Juli 2020 dan dengan cepat mengumpulkan jutaan pemirsa. Ini memiliki lebih dari  80 juta pengguna aktif bulanan yang menghabiskan rata-rata 34 menit  di aplikasi setiap hari.

7. Zoom

Aplikasi ini, bersama dengan beberapa aplikasi konferensi video, jelas merupakan salah satu aplikasi paling sukses tahun lalu. Pada April 2020, Zoom melaporkan lebih dari 300 juta peserta setiap hari dan aplikasi ini menampilkan  38 juta unduhan pada Januari 2021  saja.

Ledakan ini terkait langsung dengan krisis COVID-19. Karena banyak pengguna di seluruh dunia harus terus bekerja dari rumah, mereka menggunakan Zoom sebagai aplikasi konferensi video pilihan mereka. Zoom memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video untuk bisnis atau untuk tetap berhubungan dengan orang yang dicintai. 

8. Snapchat

Snapchat telah diunduh lebih dari 200 juta kali dan sangat populer di kalangan demografis muda berusia  34 tahun ke bawah, khususnya di Amerika Serikat .

Snapchat dapat digunakan baik untuk bersenang-senang maupun untuk bisnis karena memiliki fitur bernama Instant Create yang memungkinkan Anda membuat iklan dengan cepat dan mudah, lalu membagikannya berdasarkan lokasi untuk memastikannya dilihat oleh demografis target Anda. Dengan cara ini, Snapchat dapat menjadi alat pemasaran yang berguna

9. Messenger

Seperti WhatsApp dan Facebook itu sendiri, Facebook Messenger adalah pemukul berat lainnya dan favorit yang konsisten di app store. Tidak seperti WhatsApp, Messenger sangat populer di Amerika Serikat dan diperkirakan akan mencapai  2,4 miliar pengguna pada tahun 2021 . 

Seperti banyak aplikasi lain dalam daftar ini, Facebook Messenger dapat digunakan secara efektif untuk komunikasi pribadi dan profesional. Baik berbagi foto dengan teman atau berbagi produk atau layanan baru dengan pengikut, aplikasi ini memungkinkan Anda menjangkau audiens dengan cepat dan mudah.

10. MX TakaTak

Seperti Moj,  MX TakaTak   adalah aplikasi berbagi video lain dari India yang memungkinkan Anda membuat video sendiri, melihat apa yang sedang tren pada waktu tertentu, dan mencari video tentang topik yang Anda minati. 

Meskipun aplikasi ini terutama digunakan di India, aplikasi ini mendukung konten dalam bahasa Inggris, sehingga memungkinkan merek dan influencer internasional untuk terlibat. Itu juga memiliki sekitar  10 juta pengguna harian dan sekitar 45 juta pengguna bulanan .

Pikiran Akhir

Tidak ada yang bisa meramalkan bahwa beberapa aplikasi ini akan menjadi sangat populer. Akan menarik untuk melihat bagaimana unduhan toko aplikasi terus berkembang selama tahun 2021, dan kami pasti akan memperbarui blog kami dengan angka-angka itu saat mereka mulai masuk. 

Tinggalkan komentar