Cara Menghasilkan Uang di TikTok

Dengan hampir 100 juta pengguna aktif bulanan dan dua miliar unduhan secara global, adalah pernyataan yang meremehkan untuk mengatakan bahwa TikTok telah mengalami peningkatan pesat sejak rilis globalnya pada tahun 2018. Popularitasnya telah dicatat di tingkat pemerintahan tertinggi, dengan Presiden Trump mengancam akan melarangnya. platform di AS karena apa yang disebut pengacara Trump sebagai pertimbangan keamanan nasional.

Karena lebih banyak perhatian terfokus pada platform, wajar untuk bertanya-tanya — dapatkah pembuat konten menghasilkan uang di TikTok? Jika Anda mengembangkan pengikut TikTok dan ingin tahu tentang memonetisasi audiens Anda, inilah yang perlu Anda ketahui.

Mengapa Menghasilkan Uang di TikTok Semakin Mudah

Memonetisasi TikTok Anda tidak selalu menjadi norma. Pada hari-hari awal TikTok ada beberapa posting bermerek. Karena semakin banyak merek yang memasuki ruang, peluang menjual konten bersponsor di platform sosial menjadi lebih mudah bagi pembuat konten.

Ini juga secara aktif memudahkan pemirsa untuk memonetisasi pemirsa mereka tanpa bantuan kemitraan merek. Dengan integrasi TikTok dengan Teespring, yang diumumkan pada akhir Agustus 2020, kreator kini dapat menjual merchandise langsung kepada penggemarnya.

Karena popularitas TikTok terus memantapkan dirinya, semakin banyak merek berbondong-bondong ke aplikasi, membawa serta peluang untuk menghasilkan uang serius bagi pembuat yang dapat membangun pengikut TikTok.

Cara Memonetisasi TikTok Anda

Memonetisasi TikTok Anda adalah salah satu cara terbaru untuk menghasilkan uang secara online . Berikut adalah beberapa pilihan Anda.

Sponsor Audio

TikTok adalah platform yang menekankan audio, dengan lagu dan klip audio yang sering menjadi viral di platform tersebut — ambillah lagu Billboard 100 Lil Nas X “Old Town Road” sebagai contoh utama.

Artis yang mencoba meniru jalan Lil Nas X menuju kesuksesan telah mulai membayar influencer TikTok untuk memasukkan audio mereka ke dalam postingan. Kreator Skylar Krupa, yang memposting video kakek-neneknya, telah menggunakan metode ini untuk memonetisasi pemirsanya yang terus bertambah. Dia mengenakan tarif $25 per 25.000 pengikut.

Tidak ada cara formal untuk mengatur sponsorship audio, jadi remaja yang ingin memonetisasi pengikut mereka dengan cara ini, atau bahkan kakek-nenek dari contoh di atas, harus menghubungi artis secara langsung atau melalui tim manajemen artis.

Penjualan Produk

Pembuat konten yang ingin memonetisasi pemirsa mereka secara langsung, tanpa bergantung pada dolar iklan merek, dapat beralih ke menjual barang dagangan dan produk kepada pemirsa mereka. Kemitraan TikTok dengan Teespring berarti pembuat konten dapat menjual barang dagangan langsung di aplikasi. Integrasi ini memungkinkan pembuat TikTok untuk menyesuaikan desain dari 180 produk yang berbeda.

Untuk menguji integrasi, TikTok dan Teespring diluncurkan dengan kohort awal 7.000 kreator pada September 2020. Mereka diharapkan mengumumkan bagaimana kreator tambahan dapat mulai memanfaatkan integrasi.

Kreator juga dapat menambahkan tautan di bio mereka ke situs web pribadi atau platform merchandise alternatif tempat penggemar dapat membeli produk. Misalnya, pengguna TikTok, @thedottist, memiliki tautan yang dapat dilacak untuk membeli karya seninya yang langsung disematkan di bio-nya.

Promosikan Bisnis atau Merek

Sponsor audio bukan satu-satunya cara untuk menghasilkan uang dengan konten bermerek di TikTok. Kreator juga dapat memanfaatkan video mereka untuk membantu merek atau bisnis meluncurkan dan mempromosikan produk.

Salah satu contoh awal pemasaran influencer di TikTok adalah Mucinex, obat flu dan pilek. Mucinex bekerja sama dengan pembuat konten untuk mempromosikan produknya selama musim dingin dan flu. Merek meluncurkan tantangan yang disebut #BeatTheZombieFunk dan influencer TikTok, seperti duo saudara kandung OurFire, untuk berpartisipasi.

Pembuat konten yang ingin memulai dengan sponsor merek dan tidak memiliki perwakilan dapat menjangkau merek dan bisnis sendiri atau menemukan peluang melalui Pasar Pembuat Konten resmi TikTok .

Dapatkan Dibayar oleh TikTok

TikTok ingin membantu pencipta terbesarnya sukses dan menghasilkan uang hanya melalui platform. Untuk mengejar ambisi ini, TikTok meluncurkan dana pembuat konten sebesar $200 juta, dengan harapan dapat meningkatkannya menjadi $1 miliar pada tahun 2023. Melalui program ini, TikTok akan membayar pembuat konten secara langsung untuk membuat video.

TikTok tidak jelas tentang berapa banyak yang dapat diperoleh pembuat konten dan berapa banyak pembuat konten yang akan menerima dana, termasuk informasi tentang jumlah minimum pengikut yang diperlukan untuk memenuhi syarat. Beberapa pakar TikTok mengatakan Anda membutuhkan setidaknya 10.000 pengikut dan 10.000 tampilan di profil Anda dalam 30 hari terakhir, tetapi ini belum dikonfirmasi oleh platform.

Kreator dapat mendaftar melalui profil TikTok mereka. Di bagian notifikasi pesan Anda, Anda akan mendapatkan undangan untuk melamar langsung dari TikTok jika Anda memenuhi persyaratan minimumnya.

Ubah Hadiah menjadi Berlian

Cara populer untuk menghasilkan uang di TikTok adalah bagi pembuat konten untuk menyelenggarakan streaming langsung di mana penggemar mereka mengirimi mereka hadiah, dibeli dengan koin virtual yang dibeli di dalam platform. Kreator kemudian dapat mengubah hadiah ini menjadi “berlian” (kredit virtual TikTok) yang dapat diuangkan.

Untuk membeli koin, penggemar harus berusia minimal 18 tahun.

Kreator yang berusia 18 tahun ke atas dapat menarik berlian dengan nilai tunai yang ditentukan oleh TikTok kapan saja. Pembayaran dilakukan ke akun Paypal yang dipilih pembuatnya. TikTok memberlakukan batasan harian pada penarikan, yang ditampilkan selama proses penarikan Anda.

Berapa Banyak Uang yang Dapat Anda Hasilkan di TikTok

Jumlah uang yang dapat Anda peroleh di TikTok bervariasi, tetapi sama seperti platform media sosial lainnya, jika konten Anda menjadi viral, itu bisa menguntungkan. Belum ada sumber pihak ketiga yang secara objektif menghitung berapa banyak uang yang dihasilkan pembuat TikTok.

Bahkan pembuat konten populer, seperti Ryan Shakes , yang sangat sukses, tidak melepaskan penghasilannya. Sebagai gantinya, kami dapat memperkirakan berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan di TikTok dengan mengumpulkan bukti anekdot.

Misalnya, ekonom yang berbasis di London, Tom Hartmann, memperkirakan dalam artikel Medium bahwa pembuat TikTok dengan 100.000 pengikut memperoleh sekitar $500 hingga $2.000 untuk video bersponsor. Melakukan perhitungan, itu bisa berarti bahwa pembuat TikTok teratas menghasilkan antara $ 50.000 dan $ 150.000 untuk posting yang disponsori.

Cara lain untuk memperkirakan pendapatan adalah dengan meninjau angka yang dirilis oleh agen pemasaran. TalentX Entertainment, sebuah agensi influencer, memperkirakan mereka membebankan harga antara $0,01 hingga $0,02 per penayangan video di TikTok.

Lalu ada dana pembuat TikTok — yang mereka harap akan mendorong pembuat konten untuk membuat konten secara penuh waktu melalui platform. Itu belum merilis informasi apa pun tentang seperti apa pendapatan penuh waktu itu, tetapi idenya adalah bahwa itu akan cukup besar sehingga pembuat konten tidak harus melakukan pekerjaan lain.

Menghasilkan Uang di TikTok vs. Instagram dan YouTube

YouTube membayar sejumlah pembuat konten berdasarkan dolar iklan yang dibuat oleh platform dari video pembuat konten. TikTok, bagaimanapun, tidak memiliki persamaan khusus untuk bagaimana pembuat konten dibayar, membuatnya lebih seperti Instagram. TikTok dan Instagram memungkinkan pembuat konten dibayar oleh merek untuk membuat konten bersponsor.

Untuk beberapa pembuat konten, ini dapat menjadi penghalang untuk mendapatkan bayaran — Anda perlu menjalin hubungan dengan merek dan meyakinkan mereka bahwa konten Anda sepadan dengan uang mereka. Jika Anda perlu menghasilkan uang dengan cepat , proses memonetisasi pengikut Anda dengan membangun audiens dan terhubung dengan merek mungkin memakan waktu terlalu lama untuk Anda.

Pembuat konten lain merasa strategi ini membuka pintu, karena memungkinkan mereka pada akhirnya memaksimalkan penghasilan dengan bisnis apa pun yang tertarik.

TIK tok Instagram Youtube
Pengguna Bulanan Aktif (Seluruh Dunia) Hampir 700 juta Lebih dari 1 miliar Lebih dari 2 miliar
Opsi Monetisasi Penjualan produkKemitraan merek Dana Pembuat TikTokSelenggarakan streaming langsung Penjualan produkKemitraan merek Uang iklan sebagai Mitra YouTubePenjualan produkKemitraan merekKeanggotaan saluran
Hambatan Masuk Butuh smartphoneMembutuhkan hubungan dengan merek Membutuhkan smartphoneMembutuhkan hubungan dengan merekDapat membutuhkan pengetahuan desain grafis atau pengeditan foto untuk berhasil Membutuhkan smartphoneBiasanya, video produksi tinggi berkinerja lebih baik. Mungkin membutuhkan peralatan audio atau pencahayaan.

Menggunakan TikTok sebagai Side Hustle

TikTok semakin populer dan akan terus memiliki peluang monetisasi yang lebih menguntungkan seiring perkembangan aplikasi. Jika Anda bersedia bekerja untuk membangun audiens Anda, Anda akhirnya bisa menuai imbalan finansial.

Platform ini mungkin yang terbaik untuk orang-orang kreatif yang ingin menghasilkan uang di media sosial tanpa menginvestasikan waktu dan nilai produksi tinggi yang biasanya dibutuhkan oleh platform, seperti YouTube dan Instagram. Karena itu, untuk berhasil di TikTok, Anda memerlukan pemahaman yang kuat tentang nuansa platform dan budayanya, yang juga dapat menjadi investasi waktu yang besar.

 

Tinggalkan komentar