El Salvador Akan Membuat Tender Legal Bitcoin

El Salvador Akan Membuat Tender Legal Bitcoin

Ini akan menjadi negara pertama yang menerima cryptocurrency sebagai metode pembayaran legal.

El Salvador akan menjadi negara pertama di dunia yang secara resmi mendeklarasikan tender legal Bitcoin. Presiden Salvador Nayib Bukele membuat pengumuman terobosan di Miami Bitcoin Conference 2021. Jika diratifikasi oleh Kongres El Salvadore, warga akan memiliki pilihan untuk membeli barang dan jasa menggunakan Bitcoin, atau dolar AS, yang merupakan mata uang resmi saat ini.

Berbicara di Konferensi Miami Bitcoin, Presiden Bukele mengkonfirmasi proposalnya, dengan alasan bahwa “Dalam jangka pendek, ini akan menghasilkan lapangan kerja dan membantu memberikan inklusi keuangan kepada ribuan orang di luar ekonomi formal.”

Ekonomi Salvador masih sangat bergantung pada pengiriman uang, pembayaran yang dikirim dari Salvador yang tinggal atau bekerja di luar negeri. Saat ini, pengiriman uang membuat sekitar 20 persen dari ekonomi Salvador (sekitar $6 miliar), namun perantara menerima sebagian besar dana tersebut dalam bentuk biaya. Pengenalan Bitcoin dapat secara drastis mengurangi uang yang hilang dari layanan pengiriman uang, menempatkan lebih banyak ke dalam kantong orang-orang Salvador.

Selain itu, “70% populasi El Salvador tidak memiliki rekening bank,” masalah lain yang dapat diselesaikan oleh Bitcoin.

Berita Besar untuk Penyerapan Bitcoin

Pengumuman Presiden Bukele mengirimkan riak ke seluruh dunia cryptocurrency—bersama dengan mata uang fiat juga. Meskipun ekonomi Salvador bukan salah satu yang terbesar di dunia, pengumuman negara yang menerima cryptocurrency terbesar di dunia sebagai alat pembayaran yang sah adalah langkah maju yang seismik.

Sebagai bagian dari pengumumannya, Presiden Bukele memposting gambar profil yang diperbarui ke akun Twitter-nya, mengganti matanya dengan laser. Pendukung Bitcoin terkemuka mengganti gambar profil mereka untuk menyertakan mata laser sebagai bagian dari kampanye untuk mendorong harga Bitcoin menjadi $100.000 per koin, yang dikenal sebagai kampanye #LaserRayUntil100k.

Meskipun kampanye tersebut tidak berhasil dan tentu saja lebih menjadi sumber hiburan di komunitas, melihat Presiden El Salvador bergabung dengan perang salib Bitcoin adalah keuntungan lain bagi para pendukung cryptocurrency.

Menggunakan Bitcoin sebagai Mata Uang Bukan Tanpa Risiko

Masalah utama yang dihadapi negara mana pun yang ingin menggunakan Bitcoin sebagai bentuk tender legal adalah fluktuasi harga. Sementara nilai Bitcoin naik dan turun, vendor, warga, dan bahkan pejabat pemerintah tidak memiliki kendali atas nilai kepemilikan Bitcoin mereka.

Anda dapat menetapkan harga dalam dolar AS dan membayar jumlah yang setara dalam Bitcoin—ini tidak masalah. Tetapi orang yang menerima pembayaran kemudian harus memutuskan untuk menukarkan Bitcoin mereka ke dolar AS, atau terus memegang Bitcoin mereka. Jika harga naik, bagus. Jika harga turun, orang Salvador bisa kehilangan uang.

Sementara cryptocurrency masih dipatok ke mata uang fiat, akan selalu ada trade-off antara nilai tukar dan kenyamanan.

Bagaimanapun, pendidikan adalah kuncinya. Jika Kongres Salvador menyetujui proposal Presiden Bukele, mengajar warga El Salvador tentang Bitcoin, cryptocurrency, dan blockchain menjadi langkah penting untuk memastikan bahwa proposal besar ini adalah kesuksesan besar bagi negara dan bukan “keharusan moral” yang muncul begitu saja. gimmick

Apa pun yang terjadi, dunia akan melihat dengan penuh semangat untuk melihat bagaimana eksperimen Bitcoin El Salvador berlangsung.

Tinggalkan komentar