Instagram Meluncurkan Messenger API Baru untuk Bisnis

Kabar baik untuk pemilik bisnis: Messenger API Instagram akan diluncurkan ke semua bisnis!

Apa artinya ini? Dengan Messenger API baru untuk Instagram, bisnis akan dapat merampingkan alat layanan pelanggan mereka, menjadi lebih efisien, dan membangun kepercayaan dengan komunitas mereka. 

Kami menyelami detailnya — dibagikan di konferensi F8 Refresh Facebook — tentang apa itu API Instagram Messenger, siapa yang memiliki akses, dan manfaat menggunakannya untuk merek Anda.

Apa itu API Messenger Instagram Baru?

Awalnya tes beta untuk megabrand seperti H&M dan L’Oreal, API memungkinkan bisnis mengakses alat perpesanan Instagram dan mengintegrasikannya dengan sistem yang ada. 

Ini adalah pengubah permainan untuk bisnis. Menurut VP of Business Messaging Facebook, Emile Litvak: “Visi kami adalah menjadikan pesan bisnis sebagai cara utama orang dan bisnis berkomunikasi.” 

Faktanya, survei global menemukan bahwa 75% orang ingin dapat mengirim pesan ke bisnis dan 64% lebih suka mengirim pesan daripada email atau telepon . 

Saat pengguna Instagram beralih ke Messenger untuk berkomunikasi dengan bisnis — apakah itu untuk mengajukan pertanyaan atau mengeluh — penting bagi merek untuk menyertakan alat messenger dalam strategi dukungan pelanggan mereka secara keseluruhan. 

Tahukah Anda: Later adalah mitra resmi Instagram, artinya Anda dapat merencanakan dan menjadwalkan postingan, mengumpulkan foto, dan melacak performa Anda melalui aplikasi!

Siapa yang Memiliki Akses ke API Messenger Instagram Baru?

Facebook mengatakan bahwa API “ditujukan untuk Bisnis Instagram yang perlu mengelola DM Instagram mereka dalam skala besar.” 

Yang mengatakan, pengembang dapat mengakses fitur mulai hari ini, dengan akun bisnis untuk diikuti. 

Inilah peluncuran global bertahap yang diharapkan:

  • Fase 1 (saat ini): Akun Instagram dengan lebih dari 10 ribu pengikut dan kurang dari 100 ribu pengikut akan dapat terhubung ke API.
  • Fase 2 (Juli 2021): Akun Instagram dengan 1K hingga 100K pengikut akan dapat terhubung ke API.
  • Fase 3 (akhir Q3): Akun yang tersisa akan dapat terhubung ke API. 

Kami akan terus mengabari Anda untuk pembaruan lebih lanjut! Sementara itu, lihat halaman Facebook untuk Pengembang untuk detail lebih lanjut. 

3 Alasan Merek Harus Menggunakan API Instagram Messenger

Selama F8 Refresh, Direktur Pemasaran Produk Facebook, Ankur Prasad berbagi bahwa 90% orang mengikuti setidaknya satu bisnis di Instagram. 

Dengan pemikiran ini, memanfaatkan semua alat Instagram untuk membantu menjual produk Anda, terlibat dengan pelanggan, dan mengembangkan merek Anda adalah ide bagus. 

Dan Instagram Messenger API baru akan memungkinkan Anda melakukan semua ini (dan banyak lagi!). 

Berikut tiga alasan yang harus Anda pertimbangkan untuk menggunakan fitur API untuk bisnis Anda: 

Manfaat #1: Ini Akan Membantu Anda Menjadi Lebih Efisien

Dengan asumsi Anda terutama menggunakan Facebook dan Instagram untuk dukungan dan interaksi pelanggan, API baru ini akan memungkinkan Anda mengelola semua komunikasi di satu tempat.

Dengan cara ini, Anda bisa lebih responsif di saluran Anda, terlibat dengan pelanggan Anda secara real-time, dan merampingkan alur kerja Anda. 

Ambil Hismile , sebuah perusahaan pemutih gigi. Setelah bermitra dengan Kustomer (platform CRM layanan pelanggan) dan mengimplementasikan Messenger API untuk Instagram, mereka melaporkan :

  • Penurunan 55% dalam waktu respons rata-rata
  • 8 jam hemat per hari untuk dukungan pelanggan customer

Manfaat #2: Ini Akan Membantu Anda Membangun Kepercayaan dan Loyalitas 

Dengan Instagram Messenger API, Anda dapat membuat balasan otomatis untuk mempermudah berkomunikasi dengan pelanggan saat ini (dan calon pelanggan).

Anda bahkan dapat mentransisikan alur kerja Anda dari bot otomatis ke agen langsung — semakin memanusiakan merek Anda. 

Menanggapi DM dengan cepat dengan sentuhan pribadi dapat membantu membangun hubungan dengan komunitas Anda. 

Dan begitu kepercayaan itu dibangun, Anda dapat mengubah pengikut menjadi pelanggan, dan pelanggan menjadi pendukung. 

Manfaat #3: Ini Akan Membantu Anda Melakukan Penjualan 

Tahukah Anda bahwa Anda dapat melakukan penjualan melalui alat perpesanan? 

Setelah mengintegrasikan API baru, merek kecantikan mewah, Kiehl’s melaporkan hasil yang luar biasa: 

  • 30% peningkatan prospek yang memenuhi syarat dibandingkan dengan saluran lain
  • 20% tingkat konversi dari konsultasi ke penjualan

Dengan menanggapi FAQ dan membuat rekomendasi produk di DM, Anda dapat mengarahkan lalu lintas langsung ke situs Anda — menciptakan pengalaman berbelanja yang mudah bagi komunitas Anda. 

Meskipun Messenger API untuk Instagram adalah fitur lanjutan, ada baiknya mempertimbangkannya seiring pertumbuhan bisnis Anda. 

Menskalakan dukungan pelanggan dan komunikasi bukanlah hal yang mudah, tetapi mengintegrasikan alat perpesanan dapat menjadi cara yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda, menjawab pertanyaan pelanggan, dan terhubung dengan komunitas Anda.

Tinggalkan komentar